Logo SMK1

Sejarah Singkat Sekolah

  SMK Negeri 1 Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya berdiri sejak tanggal 17 Juni 2010. Sesuai dengan Surat Ijin Operasional yang ditanda tangani oleh Bupati Kubu Raya Nomor 693 Tahun 2010. Awal berdirinya sekolah ini masih menumpang di gedung SD Negeri 12 Sungai Raya, yang terletak di Desa Kuala Dua, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya. Pada tahun 2011 SMK Negeri 1 Sungai Raya berpindah gedung SMK yang baru di Jl. Soeharto, Desa Kuala Dua, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya.


SMK ini berdiri dikarenakan tuntutan kebutuhan Dunia Pendidikan dan kebutuhan Dunia Usaha serta Industri yang ada di Kabupaten Kubu Raya.   SMK Negeri 1 Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya dari mulai berdiri sampai sekarang dipimpin oleh Bapak Anis Sarifudin Adi, S.P. Awalnya membuka 2 program keahlian yaitu Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP) dan Agribisnis Perikanan (APi). Seiring bertambahnya kemajuan teknologi dan minat masyarakat maka SMK Negeri 1 Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya membuka kompetensi Keahlian baru yaitu: Multimedia (MM) tahun 2011, Teknik Gambar Bangunan (TGB) tahun 2015 serta Bisnis Konstruksi dan Properti (BKP) tahun 2017.  


Pada tahun pertama didirikan, jumlah siswa SMK Negeri 1 Sungai Raya berjumlah 12 siswa untuk 2 Kompetensi Keahlian. Kemudian pada tahun kedua jumlah siswa yang masuk bertambah menjadi 100 siswa untuk 3 Kompetensi Keahlaian. Dan pada tahun-tahun berikutnya jumlah siswa terus bertambah, seiring dengan animo yang semakin tinggi untuk masuk ke SMK Negeri 1 Sungai Raya, sehingga sampai saat ini jumlah siswa keseluruhan sebanyak 637 siswa untuk 5 Kompetensi Keahlian dengan 19 rombongan belajar.  


Sarana prasarana yang ada di awal didirikan hanya terdiri dari 1 ruang guru, 1 ruang TU, 1 ruang kepala sekolah dan 3 ruang kelas untuk belajar siswa. Kemudian dri tahun ke tahun sarana dan prasarana SMK Negeri 1 Sungai Raya terus tumbuh dan berkembang, untuk memenuhi standar minimal SMK. Sekarang ini SMK Negeri 1 Sungai Raya terus berusaha menambah sarana dan prasarana yang representatif untuk mendukung proses pembelajaran praktik yang dapat menghasilkan tamatan yang siap memasuki lapangan kerja.

Scroll to Top